Panduan Menulis Berita

Redaksi jurnalis-group sangat mengapresiasi kontribusi informasi dari khalayak, ya... dari Anda sekalian. Karenanya, jangan pernah ragu dan "takut salah" untuk berbagai informasi ke publik melalui jurnalis-group.

Informasi yang ada kirim, pada galibnya memuat unsur-unsur berita. Itu artinya, dalam skala tertentu, Anda juga termasuk kategori pewarta, atau penyebar berita, atau wartawan. Nah, berikut ini adalah tips sederhana yang bisa "menyulap" anda menjadi seorang juru warta:

  • Buatlah judul yang sederhana (simple) dan tepat sasaran (straightforward).
  • Ingatlah bahwa judul itu seperti tanda lalu lintas yang akan mengarahkan pemakai jalan.
  • Buatlah sub judul untuk setiap item berita atau informasi yang Anda anggap penting.
  • Sebaiknya, tulisan pendek tapi ringkas. Satu alinea idealnya hanya terdiri dari 65 karakter.
  • Jika perlu uraian yang panjang, harus dipecah-pecah menjadi beberapa judul tulisan, yang tersambung melalui multiple hyperlink. Selain itu, pembaca tidak suka tulisan yang panjang dan harus men-scroll jauh ke bawah.
  • Gunakan tabel atau poin/angka urut ke bawah (seperti contoh tulisan ini). Pembaca lebih mudah dan lebih nyaman membaca uraian berurut ke bawah daripada membaca alinea yang panjang.
  • Sebisa mungkin menerapkan prinsip piramida terbalik -- yang penting di atas. Cara penulisan piramida terbalik membantu pembaca mendapatkan informasi yang penting segera tanpa harus membaca sampai selesai.

Nah, tunggu apa lagi. Jika Anda mendengar dan melihat peristiwa, ubahlah menjadi berita dan kirim ke jurnalis-group. Setidaknya ada tiga manfaat langsung yang langsung Anda petik:

Pertama: Anda menjadi manusia berguna karena telah berbagi informasi ke khalayak.

Kedua: Anda bisa mengembangkan bakat tulis-menulis yang kelak akan bermanfaat, bagi diri Anda, dan bagi orang-orang yang dekat di hati Anda.

Nah... tunggu apa lagi!

You are reading the article Panduan Menulis Berita and this article is http://jurnalis-group.blogspot.com/2009/02/panduan-menulis-berita.html
Hopefully this articlePanduan Menulis Berita could be useful.

0 komentar:

Posting Komentar